arti dan dalil alquran tentang kewajiban berpuasa ramadhan

Dengan ni'mat dan karunia Alloh SWT, kita telah sampai lagi di bulan ramadhan bulan yg penuh hikmah dan barokah.
Sebelum kita melaksanakan puasa ada baiknya mengetahui tentang arti puasa dan dalil alqur'an yg mewajibkan puasa ramadhan.

Puasa artinya menahan. Dalam istilah syara berarti menahan nafsu dari segala hal yang membatalkan di siang hari, mulai dari terbit fajar shadik hingga terbenam matahari. Adapun puasa yg diwajibkan Alloh SWT atas umat islam ialah :

  1. Puasa di bulan ramadhan tiap tahun
  2. Puasa yang dinadzarkan
  3. Puasa kaffarat (denda), yg disebabkan oleh :
  • Jima (Bersetubuh) disiang hari bulan ramadhan
  • zihar (istri diserupakan dengan ibu)
  • melanggar sumpah
  • karena membunuh jiwa yang diharamkan secara disengaja atas sebab tersalah
Adapun dalil AlQur'an yang mewajibkan puasa ramadhan terdapat pada surat albaqarah ayat 183 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan atasmu puasa sebagaimana puasa itu telah diwajibkan pula atas orang-orang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang yang bertakqwa"

PUASA DIBULAN RAMADHAN
Awal mula diwajibkannya puasa ramadhan ialah pada tahun ke 2 dari Hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Puasa diwajibkan atas orang yang sudah mukallaf (balig dan berakal), dan atas orang yang mampu mengerjakannya. Maka tidaklah wajib puasa itu kepada :
  1. anak-anak
  2. orang gila
  3. orang yg hilang akal (sebab mabuk, dsb)
  4. orang yg sangat tua yang sudah payah menjalankan puasa
  5. orang yg sakit, yang apabila ia puasa akan bertambah sakitnya sesuai anjuran dokter
Bila anak-anak itu kuat mengerjakannya, maka puasanya itu syah juga dan diberi pahala seperti pahala amalan wajib. Adapun orang kafir, wajib juga atas mereka puasa seperti juga sembahyang hanya puasa itu tidak syah dikerjakannya karena kekafirannya.
Itulah sekilas tentang arti puasa beserta dalil alquran yg mewajibkannya, perlu juga mengetahui tentang rukun puasa dan hal yang membatalkan puasa supaya puasanya syah dan maqbul

1 comments:

Post a Comment